Tuesday, November 6, 2012

Membawa ASIP lintas pulau lintas negara...(part 1)

Jadi ceritanya mau sedikit sharing nih pengalaman aku kemarin dua kali dinas tapi tetep bawa pulang oleh-oleh ASI buat Nara...

Dinas pertama nggak jauh kok, cuma di Bali dan cuma 5 hari ajah...stok ASIP di kulkas juga secara perhitungan cukup. Alhamdulillah si mas itu ayah ASI, jadi bener-bener bantu aku untuk kasih ASI ke Nara. Berangkat Rabu siang, aku masih sempet pumping pagi di kantor. disimpen di tas ASIP yang udah di kasih ice pack dan dititipin ke temen untuk sore diambil si mas di kantor. Sampai di Bali, karena kerjaan yang cukup padat, jadilah nggak sempet buat pumping lagi siang hingga malam hari. masuk ke kamar hotel baru jam 10an dan itu rasanya sudah mau meledak karena penuh. langsung di pumping dan dapet 300ml aja sekali pumping :D. liat-liat ke kamar hoooo ada kulkasnya kok untuk bar, jadi aku masukin deh hasil perahan pertama di situ. setelah bolak balik ngetwit nanya sana-sini apakah baiknya si ASIP ini di simpan di freezer atau kulkas biasa, terjawablah kalo pergi lebih dari 4 hari disimpan di freezer yang awal-awal dateng dan sisanya jangan. tapi aku pikir-pikir aku siy taro di kulkas biasa aja deh...

Selama kegiatan di Bali, aku hanya bisa 3 kali pumping, tapi cukup efektif juga karena udah benar-benar penuh jadi hasilnya cukup banyak. Pagi bangun tidur, siang jam istirahat, dan malam menjelang tidur. perlengkapan yang aku bawa untuk 5 hari ini adalah:
  1. Cooler bag yang cukup besar. aku pake igloo 
  2. ice gel 2 buah
  3. ice pack 1 buah
  4. Plastik ASIP merk Natur 1 box isi 30
nggak banyak persiapan aku, karena aku pikir kan hanya 5 hari dipotong perjalanannya 2 hari. selain itu aku pulang juga pagi. perjalanan Jakarta-Bali atau sebaliknya gak lebih dari 2 jam juga jadi cukuplah...

hasil di sana lumayan juga, 16 kantong ASIP dengan isi berkisar 150-200 an ml (gak disarankan isi lebih dari 150ml siy sebenernya). dari sabtu sore, ice gel dan ice pack sudah aku titipkan di hotel untuk di bekukan. tapi sayang, kayaknya hotel kurang paham jadi ice gel dan ice pack yang aku titipkan nggak ditaro di freezer mereka dengan baik. jadilah pas pagi esok harinya aku ambil masih lembek dan belum beku...

Aku pake Garuda untuk perjalanan ini, dengan 16 ASIP cair aku ngeri kalo di taro di koper dan akhirnya justru bocor berantakan. jadi coolerbag aku masukin aja ke dalam ransel dan aku bawa ke kabin...boleh kok..bisa kok yay...apa karena itu penerbangan domestik ya? gak tau juga siy aku tapi yang pasti aku lihat gak cuma aku yang sibuk bawqa ASIP. pas mau naik pesawat aku lihat ada 3 ibu-ibu lainnya bawa cooler box dan cooler bag..khihihihi semangat semua yaaaaa..

untuk cerita yang bawa ASIP dengan penerbangan internasional di postingan selanjutnya ya...

0 comments:

Post a Comment