Wednesday, January 2, 2013

Nara dan Invaginasi


Buat ibu, kejadian yang paling bikin ibu shock sepanjang 2012 ya ini...Nara divonis harus operasi di saat ibu sedang dinas di jogja. nggak jauh memang, tapi kalau infonya baru malem yang mana flight udah gak ada lagi, mau gimana..stress abis. emang kenapa dengan Nara?

Latar Belakang Ceritanya
Ibu berangkat ke Jogja jumat sore setelah sebelumnya sempet ke Daycare untuk nengok Nara -Nara di Daycare? ada ceritanya lagi nanti :-P - dan anter ASIP. Saat ibu dateng, Nara merengek pelan, ibu pikir itu hal yang biasa. Jumat sore, Nara di jemput sama Bapak, Eyang kung dan Eyang ti untuk nginep di rumah Eyang selama ibu dinas. Laporan Bapak dan eyang kalo Nara masih baik-baik saja dan terlihat tenang bobo' nya. Ibu pun tenang berangkat ke jogja.

Sabtu pagi saat acara di mulai, Bapak bbm dan bilang kalo nara perutnya kembung dan kalo makan atau minum muntah. udah gitu tidurnya nungging-nungging terus. ibu bilang coba deh di olesin minyak telon sambil di usap-usap perutnya biar kembungnya ilang dan bisa kentut. jam 11-an Bapak bbm lagi kasih foto diapers Nara yang ada pupnya warna merah, karena ibu pikir Nara sorenya mam ubi merah, jadi mungkin dari situ. siang Nara udah ngngak nungging lagi tidurnya. ibu tenang.

Magrib akhirnya bapak memutuskan untuk membawa Nara ke dokter mengingat semakin rewel dan terus nungging. di dokter anak yang biasa langsung di rujuk untuk rontgen. ibu kaget dan mulai was was tunggu hasilnya. mulai dari RSPP sampe akhirnya di RSCM baru deh Nara bisa di rontgen dan USG. positif di temukan bahwa Nara invaginasi dan harus di operasi malam itu juga *whatttttt ibu mulai stress cari penerbangan pulang.

Invaginasi
Setelah dapat info kalo Nara kena invaginasi dan sedang dalam tahap observasi karena udah dehidrasi juga, ibu segera cari tau apa itu invaginasi dan kenapa Nara harus segera di operasi.
hasil dari browsing di google menjelaskan kalau invaginasi pada bayi memang bisa terjadi -sebagian besar pada bayi laki-laki karena gerak peristaltiknya lebih kuat- dengan penyebab yang belum diketahui untuk anak usia < 2 tahun. invaginasi adalah keadaan dimana usus terjepit atau masuk ke dalam bagian usus selanjutnya sehingga bisa mengakibatkan usus kekurangan oksigen dan menjadi rusak.
info lengkap soal invaginasi bisa di cari di google atau baca-baca di link yang ibu baca berikut :

http://dokterugm.wordpress.com/2010/04/17/invaginasi-pada-anak/
http://dokteranak-moderator.blogspot.com/2006/04/apa-itu-invaginasi.html
http://www.radarlampung.co.id/read/bandarlampung/metropolis/37334-awas-invaginasi-bayi

*ketauan banget yah ibu males jelasin, bukan begitu daripada salah penyampaian kan ada baiknya baca sendiri yah atau tanyakan ke dokter anaknya :P

Ending story-nya
Ibu akhirnya jam 1/2 5 pagi nongkrong di bandara, dapetlah flight paling pagi jam 6 sampe di RSCM jam 1/2 8. tapi pas ibu sampe Nara udah masuk ruang operasi. sedih banget nggak sempat ketemu Nara, apalagi segala macem pikiran jelek udah mampir di kepala ibu. Astagfirullah, kan harusnya gak boleh ya..tapi ibu gak tau lagi harus gimana.
Oparasi berlangsung sekitar 3 jam dari jam 7.15 hingga jam 1/1 11. ibu udah gak karuan rasanya. Alhamdulillah dokternya bilang Nara kuat dan sehat dan operasi berhasil tanpa ada pemotongan usus hanya di release saja sepanjang 20cm. Dokter langsung meminta ibu buat gendong Nara yang masih setengah sadar dari pengaruh biusnya. langsung deh anak ibu ini tenang di gendongan ibu. sekitar 10 menit Nara dipindah ke PICU. di PICu Nara dirawat selama 3 hari untuk dilihat kondisi tubuhnya. ibu sedih sekali liat Nara selama di PICU, apalagi di hari ke 2Nara mulai sadar dan mulai cari ibu. mencelos rasanya hati ini sampe ibu baru bisa ngerasain begini yah namanya jadi orang tua. pantes dulu mama selalu was-was kalo ibu main gak pulang-pulang *jadi kangen mama deh hiks*.
Hari ke tiga di PICU ibu pagi-pagi udah langak-longok soalnya kemarin sama suster dibilang Nara udah oke dan siap untuk masuk kamar perawatan. dan jam 8an pagi ibu di panggil sama dokter anak yang lagi kontrol Nara (bukan dokter jaga anak di PICU yah...) untuk suruh gendong Nara karena tensinya Nara mencapai angka 154/110. Astagfirullah, jangankan untuk anak-anak untuk orang dewasa saja itu tinggi sekali ditambah mata Nara bengkak sampe gak bisa terbuka. kata susternya Nara semaleman nangis terus. ukh..kenapa ibu nggak dipanggil sih..kan semaleman ibu ada di RS tungguin Nara...
siangnya Nara masuk kamar perawatan observasi sebelum masuk kamar perawatan biasa. soal perawatan dan fasilitas gak perlu diceritain yah..RSCM gitu *kalo inget cuma bikin dendam aja*. Alhamdulillah di hari ke 2 di kamar perawatan Nara boleh pulang. setelah puasa 5 hari Nara jadi rakus banget. kalo nyusu sama ibu bisa sampe 1 jam dan bikin ibu lemes heheheeheh
Alhamdulillah (lagi) sekarang Nara udah sehat walaupun operasi menyisakan trauma sama Nara. keluar RS pun Nara gak mau digendong bapak. semua-semua ibu *sampe berat ibu turun loh 2 minggu ngurus Nara :D
Tapi sekarang Nara sudah mulai kembali semula, mau lagi main sama teman-temannya dan aktif kembali. Nara juga sudah mulai kembali ke sekolahnya lagi.
semoga setelah kejadian ini Nara sehat terus ya nak, jangan sakit-sakit lagi segera pulih dari traumanya.
Bapak-Ibu sayang banget sama Nara...

Nara saat masa observasi dan persiapan operasi
Nara pasca operasi
Nara seminggu setelah operasi
  



22 comments:

suciindah said...

Halo Ibu Nara, salam kenal..

Wah sama'an kita, anakku namanya Nara juga tapi perempuan hehehe..
Sebulan yang lalu saat nara usia 6,5 bulan nara juga divonis invaginasi ibu nara, dan harus dioperasi juga. Penyebab pastinya pun sampai nara keluar RS dokter gak memastikan dari apa asalnya. Cuma jelasin kemungkinan-kemungkinannya. Rasanya nelangsa banget ya, liat nara sakit sampai harus dioperasi. Belum lagi denger omongan orang-orang. "kasian banget masih kecil udah dioperasi". Loh, emangnya kita yang mau ya mba? huhuhu
*eh maaf jd curhat panjang*

tapi alhamdulillah semua udah berlalu, sekarang InsyaAlloh anak kita sehat-sehat..

Aku boleh tanya mba?
Sharing pasca operasi nara yang lalu, nara langsung diberi makan lagi atau susu dulu aja sampai berapa lama?

Makasi Ibu Nara :)

JustYulia said...

Hallo Tante Suci,

Salam kenal..
alhamdulillah Nara sehat terus sampai sekarang :)

Pasca operasi selama 5 hari nara hanya boleh minum susu sampai fases nya berwarna hijau tua yang kata dokter menggambarkan fungsi hari, empedu dan sebagainya sudah bekerja dengan baik

setelah itu nara boleh makan kembali, tetapi dengan tekstur yang kembali seperti semula. bubur saring yang encer (karena saat sebelum operasi nara sudah makan nasi TIM). bubur encer selama 2 minggu kemudian naik tekstur terus hingga total hampir 2 bulan nara baru kembali ke tekstur awal yaitu nasi tim.

saat ini Alhamdulillah pencernaan Nara sudah baik-baik saja, sudah bisa makan apapun. PeeR yang sulit adalah memaksa dia makan dengan dikunyah karena dia makan jarang sekali mengunyah..langsung lep aja..

selain itu, intensitas nara diurut juga sangat dikurangi terutama di daerah perut, sudah tidak lagi dilakukan. karena dokter bilang itu bisa jadi salah satu penyebabnya..


Semoga Ade Nara segera pulih
oh iya, pesan dokter saat itu jangan karena ada luka operasi gerak anak dibatasi, karena kalo bayi sembuhnya cepet kok...

suciindah said...

Amin, makasih yah mba..

Sekarang aku, papa'nya sama nenek'nya nara jadi worried kalau mau ngasih makan nara, karena takut salah-salah lagi sama pencernaannya dan karena dia spesial gak seperti bayi-bayi lain yang gak pernah dioperasi kan mba. Padahal kata dokter gakpapa juga sebenernya udah mulai dikasih makan bubur saring pun.. Jadi perlakukan sama seperti awal lagi aja yah

Kalau nara telungkup pun masih suka cepet-cepet aku balikin ke posisi normal takut luka di perutnya masih sakit. Walaupun keliatannya dia hepi-hepi aja..

Alhamdulillah mas awa sehat-sehat ya, sudah besar sekarang. semoga adik nara juga sehat-sehat. Amin

Makasi ya Ibu Nara dan mas Awa :)

Unknown said...

Halo ibu nara. Apa blog ini masih aktif. Saya indri, ibu dari azzam. Mau tanya juga donk soal pasca invaginasi. Azzam jg sempat operasi invaginasi saat 7,5bulan. Mau tanya pasca operasi apa berat badannya naiknya susah? Azzam cuma naik 1 ons tiap bulannya. Skrg dia sudah 10 bulan

JustYulia said...

halo tante indri, blog ini masih semi aktif sekarang karena aku udah mulai jarang nulis. niat ada, tapi berat saat melakukannya :)

kalo soal berat badan, alhamdulillah berat badan nara bertambah secara perlahan-lahan. semua berjalan normal. mungkin azzam beratnya susah naik karena mulai aktif, mulai banyak bergerak sehingga asupannya habis berubah menjadi energi :)

selama anak sehat dan aktif aku rasa, semua akan baik-baik saja.

sudah bisa apa saja azzam sekarang?

Anonymous said...

Pengalaman yang sama dulu waktu anak saya (Rizky) umur 8 bulan juga operasi invaginasi sekarang sudah 20 bulan tp bab-nya jd sering dan kadang encer. bagaimana dengan anak ibu?

JustYulia said...

alhamdulilah Nara baik-baik perkembangannya hingga saat ini :)

Unknown said...

Pasca operasi apa perutnya masi suka kembung mom?

Unknown said...

Pasca operasi apa perutnya masi suka kembung mom?

justyulia said...

Halo Tante Desi,
Kategori masih suka kembung seperti apa ya? Karena kalau kembung wajar memang masih suka terjadi, namun tidak mengganggu aktivitas Nara

Unknown said...

Hallo mmh nara,,masih aktif ga ya blognya,,maaf mau tanya anak saya raffa juga di usia 11bln sempet operasi invaginasi,,,dan sekarang usianya udah 17bln,,yg mau saya tanyakan makanan apa saja yg blh diberikan karena saya msh takut kasih makanan selain yg lembek",,,dan ampe sekarang masih dikasih nasi tim,,,padahal pasca operasi sdh berjalan 6bln.

Filippus said...

Salam kenal nara...putri kami (10 bln) juga dinyatakan ususnya invaginasi dan dilakukan operasi...saya mau bertanya pemulihan pasca operasi dirumah sakit berapa hari ya nara....terima kasih nara

JustYulia said...

halo mba Heni...maaf baru membalas komennya. Nara mengulang fase makan bubur saring hanya 1 bulan kemudian masuk ke bubur kasar dan dalam 2 bulan sudah kembali ke tekstur biasa saja. paling banyakin kuah-kuahan biar enak. tapi nara tetap nara, sampai sekarang hal yang paling sulit dia lakukan adalah mengunyah makanan sebelum di telat dalam jumlah yang sesuai... Alhamdulillah hingga sekarang tidak ada hal mengganggu pasca operasi

hai filippus...
berhubung Nara di RSCM saat itu, seingat saya mulai dari selesai operasi, nara 3 hari di PICU, 2 hari di ruang observasi dan 2 hari di ruang perawatan biasa.

Unknown said...

maaf mamah nara dan mamah yg lain, mau sharing ni.. ankku laki" dia jg sempet oprasi invaginasi. wkt umur 7bln, skrg sdh 10 bln, smla 3 bln ini kami hnya mmberinya asi dan disambung sufor, tp dia poop nya sering seminggu sekali,. kdang jg sembelit padahal dy hnya minum asi ma. sufor... apakah ank kalian jg susah bab? makasih..

JustYulia said...

Hallo Mba Nurma, seingat saya (karena udah dulu banget ya), nara setelah operasi baru boleh minum asi lagi setelah pup dan di pastikan pupnya berwarna hijau. setelah itu, nara langsung minum asi selama seminggu dilanjutkan dengan bubur saring. untuk pupnya sepertinya berjalan normal. apa ga baiknya mulai dikasih mpasi untuk membantu pencernaannya agar tidak sembelit? seperti pepaya atau buah-buahan lain yang berserat.

terima kasih sudah mampir ke blog saya yaa....

bolangsclothing said...

Halo mba, aku harap ini masi aktif ya Blog nya.
anakku laki2 usia 13bulan baru operasi invaginasi jg jumat malam kemarin,setelah puasa 2 hari akhirna dia poop tidak banyak tp sering & boleh mnm susu & bubur halus.
tp skg perutnya suka kembung tp yg kalau di tekan lembut gitu, apa anak emba jg bgitu ?

sjo said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Unknown said...

Apakah nara baik2 saja setelah operasi invaginasi tahun ke 5 skrg ysh?krn katanya klo pasca operasi,bisa timbul perlengketan usus pada bayi...apakah nara usus buntu nya dibuang?toling dijawab yah bu,krn anak sy sendiri habis dioperasi juga,terima kasih

JustYulia said...

Hallo bolangsclothing dan mba Yuliana, it's been 6 years ago semoga saya masih bisa bantu jawab ya...

kalau di tanya setelah operasi apakah perutnya suka kembung? seingat saya tidak. semua kembali ke normal lagi. mungkin (menurut saya) bisa diatur jenis makanannya jangan yang mudah membuat perut jadi kembung.

setelah operasi akan timbul perlengketan lagi, kemungkinan itu memang ada, artinya hal yang sama mungkin terjadi lagi. Alhamdulillah nara setelah operasi hingga saat ini baik-baik saja dan usus buntunya masih ada di tempatnya.

saat ini nara sudah masuk 6,5 tahun dengan barat badan 31 kg dan napsu makan yang cukup besar.

semoga jawaban saya cukup bermanfaat ya..

Unknown said...

Slmt siang mama nara.. mohon sharingnya.. saya dari Ambon..babyku meghan baru di operasi tgl 15okt 2018 kemarin karena invaginasi. Dan ususnya di potong bbrpa cm. Trus.. tgl 24 nov ini sdh masuk 6bln. Makanan seperti apa yaa.. yg baik uk awal pencernaan babyku ini?? dan susu yg di minum sufor, karna saya jga bekerja. Awal 3bln pertamiasih masih asih + sufor akrg sdh ful sufor..nan free lactose itu dari doktre anak. Dan minumnya pun masih sebatas 2jam 60ml. Itu karna kami takut jgn sampai terlalu di paksakan uk ususnya..
Mohon sharinya yaa.. trims

JustYulia said...

hai mama meghan...
apa kabar?
mohon maaf, karena saya bukan orang yang mengerti tentang ilmu kedokteran, saya tidak bisa menjawab bagaimana baiknya MPASI meghan. mungkin mama meghan bisa berkonsultasi dengan dokter anak meghan agar jelas apa-apa saja do dan don't nya untuk meghan..

salam sayang untuk meghan.

Unknown said...

Hallo mama nara.. meghan Kabarnya baik.. oiaa,,trims yaa atas sarannya. Salam sayang uk nara.😊

Post a Comment